Strategi dan Arah Kebijakan Umum

Strategi dan Arah Kebijakan Umum
Untuk mewujudkan Visi dan Misi, maka ada beberapa Strategi dan Arah Kebijakan 5 Tahun kedepan sebagai berikut :

Selain dari Visi dan Misi, juga telah dibuat kunci pokok sebagai dasar dalam menjalankan tugas-tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan di Kabupaten Sinjai yakni Lima Abdi atau disebut juga Panca Abdi artinya sebagai calon Bupati pada saat terpilih menjadi Bupati Sinjai Periode tahun 2013 – 2018, maka yang dilakukan adalah menjadi abdi bagi masyarakat untuk menjalankan sebagai berikut :
Mengabdi untuk masyarakat membangun bidang Agama
Mengabdi untuk masyarakat membangun bidang Pendidikan
Mengabdi untuk masyarakat membangun bidang Kesehatan
Mengabdi untuk masyarakat membangun bidang Perekonomian
Mengabdi untuk masyarakat membangun bidang Infrastruktur
Dari Visi, Misi dan Panca Abdi tersebut akan diselenggarakan dengan terlebih dahulu membuat rancangan Strategi yang meliputi :
Strategi
Dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan serta Pembinaan  Kemasyarakatan dimasa datang terdapat strategi sebagai berikut :
Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi kerakyatan dengan berbasis pemanfaatan potensi local.
Peningkatan Sarana dan Prasarana Infrastruktur baik di Pedesaan maupun di Perkotaan.
Penyediaan proporsi penggunaan Anggaran yang langsung dirasakan oleh masayarakat.
Peningkatan kualitas Suber Daya Manusia melalui Keagamaan, Pendidikan dan Kesehatan, serta berbagai aspek kehidupan lainnya.
Peningkatan Transparansi, komunikasi terbuka, kepastian hokum, serta efisiensi dan efektifitas pemanfaatan Anggaran.
Peningkatan Kinerja Organisasi Pemerintah Daerah dan Manajemen tata kelola Pemerintahan yang baik.

Selanjutnya untuk lebih mempertajam beberapa konsep tersebut di atas, maka akan dibuat suatu arah kebijakan, sehingga ketepatan sasaran antara rencana dan realisasi program dapat diwujudkan.
Arah Kebijakan Umum
Menumbuhkan ekonomi kerakyatan melalui fasilitas permodalan, penguatan kelembagaan perekonomian dalam hal menata ulang system birokrasi yang mudah dan murah serta pelayanan yang cepat pada lembaga seperti Koperasi, KUD, atau lembaga lainnya yang resmi, peningkatan produksi dan mutu produksi pada sector Pertanian dengan penyediaan sarana dan prasarana seperti peningkatan/ pembangunan irigasi atau sumber mata air dengan kelangkapan peralatan pertanian, penyediaan bibit unggul, pengaktifan tenaga-tenaga penyuluh sebagai motor penggerak bagi petani dengan kemampuan pengetahuan dan pengalamannya yang dipadukan dengan pengalaman Petani. Sektor Perkebunan dan Kehutanan mengembangkan berbagai jenis  tanaman perkebunan yang sesuai dengan kondisi alam/ tanah dan bernilai manfaat bagi masyarakat seperti lada (merica), Cacao (coklat), cengkeh dan lainnya yang berkualitas ekspor, termasuk tanaman yang dapat memberikan nilai manfaat masyarakat pada sector Kehutanan seperti rotan, dammar dan lainnya, dengan tetap menjaga kelestarian hutan. Sektor peternakan yaitu penyediaan bibit unggul  dari jenis ternak yang cocok untuk dikembangbiakkan, seperti ayam kampung, kambing kampung, sehingga populasi keaslian ternak daerah tetap terpelihara, Sapid an Kerbau yang berkualitas ekspor. Dari Sektor Perikanan yaitu memberikan bantuan modal bagi nelayan, pembuatan rumpong sebagai tempat hidup dan berkumpulnya ikan di tengah laut, memberikan bantuan perahu motor bagi nelayan yang masih menggunakan sampan untuk mencari ikan dilaut, bukan lagi di sungai-sungai atau dipinggir-pinggir laut, memberikan bantuan modal dan kelengkapan alat telekomunikasi bagi petani tambak seperti laptop untuk melihat/ mengetahui melalui internet tentang jenis, kualitas dan harga dari apa yang menjadi mata pencahariannya.
Membuka komunikasi dan menciptkan situasi nyaman bagi dunia usaha untuk berinvestasi, member peluang, kemudahan, rasa aman dan perlindungan bagi investor, baik local, maupun nasional dan internasional untuk bekerja sama dalam menanamkan modalnya.
Pemenuhan kebutuhan prasarana dan sarana infrastruktur perekonomian antar Desa dengan Desa, antar Desa denga Kecamatan dan Kabupaten dalam hal perbaikan, pemeliharaan dan pembangunan jalan, jembatan, pasar, irigasi dan lainnya.
Mendorong peningkatan Kualitas hidup masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan , Pembangunan dan Pembinaan masyarakat, khususnya yang meliputi :
Bidang Agama menerapkan metode sistim baca tulis Alquran dengan cara masing-masing Lingkungan/ Dusun pada setiap Kelurahan dan Desa setiap hari Jumat Sore di Balai Pertemuan Kelurahan dan Desa atau tempat lainnya (Mesjid) dengan menghadirkan warga untuk secara bersama-sama belajar baca tulis Alquran oleh Ustadz/ Ustadza atau orang yang ditunjuk dan dapat dipercaya . Mengaktifkan baca Alquran/ melakukan pengajian hari Jumat setiap Kantor. Memberikan Bantuan Naik Haji setiap tahunnya dalam bentuk undian bagi golongan :
# Petani,
# Nelayan,
# Pedagang Ekonomi Lemah,
# Kepala Dusun/ Lingkungan RW, RT,
# Imam Desa/ Kelurahan, Imam Dusun/ Lingkungan, Guru Mengaji,
# Kader Posyandu

Bidang Pendidikan melakukan penyebaran secara merata dengan perbandingan jumlah Siswa dan Guru yang tersedia, sehingga tidak ada lagi Sekolah yang kekurangan Guru/ Tenaga Pendidik, tetap menjalankan program Nasional dalam bentuk pembebasan biaya SPP untuk SD, SMP, SMA dan Sekolah yang sederajat. Memberikan   hadiah    Tabanas     kepada
Anak SD dan Sekolah Ibtidaiyah yang lulus rangking Pertama, Kedua dan Ketiga pada masing-masing Kecamatan, memberikan Hadiah Tabanas bagi lulusan SLTP dan Madrasah Tsanawiyyah dan masing-masing pembagian Wilayah Kecamatan seperti Wilayah Kecamatan Satu meliputi Sinjai Utara, Bulupoddo dan Pulau Sembilan dan seterusnya, demikian pula lulusan rangking Pertama, Kedua dan Ketiga pada Tingkatan SMA, SMK, MAN. Dan untuk Mahasiswa diberikan bantuan pembayaran uang SPP bagi yang memiliki nilai IPK minimal 3,00 masing-masing Perguruan Tinggi, dan bagi Tenaga Pendidik diberi kesempatan untuk meningkatkan pendidikannya dengan mendatangkan tenaga Dosen dari UNM dan Perguruan Tinggi lainnya yang berkompeten.

Bidang  Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan gratis tanpa iuran setiap bulannya Rp. 10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah)  setiap Kepala Keluarga atau membayar sekaligus satu tahun Rp. 120.000 (Seratus Duapuluh Ribu Rupiah) setiap Kepala Keluarga, dengan cara meniadakan istilah JAMKESDA dan menggantinya dengan JAMKESMAS, karena dengan menggunakan kartu JAMKESDA yang dikeluarkan di Kabupaten Sinjai tidak akan diterima berobat Geratis di Rumah Sakit Regional Makassar, akan tetapi dengan menggunakan JAMKESMAS masyarakat dapat dilayani kesehatannya secara Geratis di Sinjai maupun di Makassar atau pada Tingkat Provinsi. Menggeratiskan biaya ambulance untuk pengantaran mayat/ mayit dari Rumah Sakit ke Rumah Duka dalam wilayah Kabupaten Sinjai, menggeratiskan biaya pemakaman/ penguburan bagi mayat/ mayit dalam Kabupaten Sinjai.
Mendorong peningkatan komunikasi dan rapat koordinasi antar Pemerintah, Swasta dan Masyarakat dalam melahirkan Pemerintahan yang baik (Good Governance). Pemerintah sebagai fasilitator dalam menjembatani kedekatan antara masyarakat dengan Pengusaha dan Pemerintah itu sendiri untuk secara bersama-sama dalam menjalankan kegiatan, dengan melibatkan berbagai stakeholder atau orang-orang yang berkepentingan untuk memikirkan, menjalankan, serta mengawasi jalannnya Pemerintahan, Pembangunan dan kemasyarakatan.

Meningkatkan evaluasi dan pengawasan dalam penyelenggaraan Pemerintahan dengan pelibatan unsure-unsur terkait dalam rangka melahirkan suatu kebijakan/ program yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat tanpa Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, menerima masukan kearah yang lebih baik, sehingga kebijakan-kebijakan berikutnya menjadi harapan masyarakat secara menyeluruh.

Demikian beberapa gambaran tentang Sinjai ke depan dengan segala bentuk kemampuan dan kebersamaan masyarakat untuk membangun Sinjai dengan tetap berpedoman pada apa yang menjadi kesepakatan dalam bentuk persetujuan Anggota DPRD terhormat sebagai Wakil Rakyat, maka itulah yang akan menjadi program yang dituangkan dalam bentuk APBD untuk dijalankan secara bersama-sama demi kepentingan rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s